Pemberdayaan Masyarakat untuk Pengendalian DBD yang efektif

Kamis, 16 Juni 2022 tim dari Dinas Kesehatan Kab. Magetan melaksanakan pemberdayaan masyarakat untuk PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk) di Kelurahan Sukowinangun Kec. Magetan. Kegiatan dilaksanakan di rumah Pak RT, yg dihadiri oleh perwakilan dari setiap RW yang sebagian besar adalah Ibu2.

Kegiatan diawali oleh penjelasan tentang kondisi persebaran penyakit DBD di kabupaten Magetan dan Kecamatan Magetan oleh Bpk Agoes Yudi P, SKM, MPH selaku epidemiolog kesehatan ahli Dinkes Kabupaten Magetan. Dalam penjelasan Bpk. Agoes pada awal tahun 2022 kelurahan sukowinangun menduduki peringkat teratas jumlah penderita DBD di kecamatan Magetan dengan sumbangan kasus sebesar 30% dr penderita DBD di kecamatan Magetan tahun 2022
Kemudian kegiatan dilajutkan oleh tim penyuluh kesehatan masyarakat Dinkes Magetan utk mengajak warga belajar bersama terkait alur penularan penyakit DBD, gejala dan upaya pencegahan penyakit DBD serta alur perkembangan nyamuk yang dikemas dg permainan menyusun puzzle yang menyenangkan.

Diakhir kegiatan warga membuat komitmen terkait upaya pencegahan DBD di Kelurahan Sukowinangun yg dituangkan dalam kertas Plano dan ditandatangani seluruh peserta.
“Nanti akan kami mintakan TTD pak lurah dulu setelah itu akan kami pigura dan dibagikan ke masyarakat untuk dilaksanakan bersama agar pengendalian berhasil dan tidak ada lagi penularan DBD di Sukowinangun” ujar pak RT. Alhamdulillah warga antusias, harapan kami dari tim Dinas Kesehatan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya PSN ini akan menekan penularan penyakit DBD di tiap desa/keluarhan khsususnya dan di seluruh wilayah Magetan pada akhirnya.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.